Past Tense

Syarat untuk memahami tenses adalah untuk selalu menyadari waktu, kapan pristiwa yang sedang di bicarakan terjadi


Belajar kosa kata bahasa Inggris sangat gampang hanya dengan bertanya ke pak Google saja. Tapi untuk bisa berkomunikasi, kata-kata dalam bahasa Inggris harus di rénda dan di anyam dengan 'ikatan waktu'. 
Ketika kita berbicara bahasa Inggris kita harus menyadari kapan hal yang sedang kita bicarakan  terjadi? Hal itu sangatlah penting jikalau kita mau berkecimpung di dalam dunia bahasa Inggris, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun untuk kepentingan komunikasi.
Saking pentingnya 'ikatan waktu' maka pelajaran bahasa Inggris di seluruh dunia membentuk mata pelajaran khusus bernama 'TENSES".

TENSES

Apa kata orang Inggris tentang 'tenses?
'Tenses are the form the verb takes to show the time of an action' = 'tenses' adalah bentuk (yang di ambil oleh) kata kerja untuk menunjukan waktu dari suatu tindakan (aksi).
Pemahaman secara umumnya: tenses adalah perubahan bentuk kata kerja untuk menunjukan waktu kapan suatu tindakan(aksi) di lakukan / terjadi.
Cara yang cepat untuk memahami struktur bahasa Inggris adalah dengan memahami struktur bahasa Indonesia dengan baik 
Apa itu tenses sebenarnya?
Dalam percakapan sehari-hari kita selalu di hadapkan dengan waktu, kapan hal yang sedang kita bicarakan terjadi, oleh karena itu maka di dalam ilmu 'tenses' waktu di bagi dalam tiga bagian penting yaitu:
  1.  PAST TENSE = yang lalu
  2.  PRESENT TENSE = sekarang 
  3.  FUTURE TENSE = akan datang
PAST TENSE
Kalau kita melihat masa lampau/'Past tense' secara mendalam maka kita menemukan jenjang waktu yang berbeda, dan menurut ilmu tenses, 'past tense' terdapat 4 rentang waktu yang berbeda sbb:
  1. Simple Past Tense = Terjadi/selesai di waktu yang lalu.
  2. Past Continuous Tense = Sedang terjadi saat sesuatu yang lain-nya terjadi di waktu yang lalu atau dua pristiwa telah terjadi secara beruntun.
  3. Past Perfect Tense = telah terjadi sekali atau banyak kali sebelum suatu rentang waktu di waktu yang lalu.
  4. Past Perfect Continuous Tense = yang telah di mulai di waktu yang lampau dan berlanjut sampai pada ténggang waktu yang lain nya di waktu lampau
1. SIMPLE PAST TENSE (SPT):

Kata kerja dalam SPT di bentuk dengan struktur  'verb + ed' atau 'kata kerja + ed'

Contoh 'SPT:
  • Pernyataan: You called Markus = kamu (telah) memanggil Markus 
  • Pertanyaan:  did you called Markus ? = apakah kamu (telah) memanggil Markus ?
  • Bentuk negativ: You did not called Markus = kamu (telah) tidak memanggil Markus
→ kata 'called' terbuat dari 'call + ed
Hanya dengan '-ed' kita sudah tahu bahwa kalimat di atas telah terjadi di masa lalu, karena memang kata 'telah' tak ada dalam bahasa Inggris, dan juga pada kalimat tersebut tak menerangkan waktu secara spesifik kapan di masa lalu hal itu terjadi? detik yang lalu? kemarin? minggu lalu? seratus tahu yang lalu? tak jelas.
Itulah bentuk sederhana dari 'Past Tense' sehingga di sebut 'Simple Past Tense'

'SPT' di gunakan bukan saja terbatas pada hal2 yang sederhana seperti di atas.

Berikut beberapa contoh kapan menggunakan 'SPT:
1A.👉 Menurut orang Inggris 'Simple Past Tense' adalah  
...to express the idea that an action started and finished at a specific time in the past, the speaker may not actually mention the specific time  
= ...untuk mengekspresikan ide bahwa suatu aksi(tindakan) telah di mulai dan telah selesai pada saat tetentu di waktu lampau. walau si pembicara mungkin tak menyebutkan waktunya secara spesifik (rinci)
😣😫😣bingung??? jangan dolo kawan, mari kita lihat contohnya:
  • He washed his motor bike = Ia (telah) mencuci sepeda motornya 
  • He didn't wash his motor bike = Ia (telah) tidak mencuci sepeda motornya
Saya terpaksa memasang kata (telah) pada kedua contoh di atas hanya untuk membawa 'SPT' kedalam cita rasa bahasa Indonesia, karena di bahasa Inggris tak ada kata 'telah', 
Bentuk -ed sudah menunjukan hal yang di bicarakan telah terjadi di masa lalu, tanpa menyebutkan waktunya secara eksplisit kapan terjadi di waktu lalu. 
Di sinilah pentingnya pemahaman dasar akan 'tenses' karena hal itu sangat penting untuk memahami konsep berbahasa Inggris.
Jikalau kita memahami konsep bahasa Inggris maka kata-katanya gampang di cari di kamus kapan dan dimana saja. atau tanya ke Mr. Google dan kita bisa langsung menemukan kata yang kita cari.

Dengan memahami 'tenses'  kita tahu bahwa washed dan did not wash dalam contoh di atas adalah sudah terjadi di waktu lampau walau tak secara explisit menyebutkan waktunya kapan di waktu lampau terjadi.
NOTE: tak ada kata telah dalam bahasa Inggris

Berikut adalah contoh menggunakan 'SPT' ketika kita menyebutkan waktunya secara explisit.
  • Last year I traveled to Labuan Bajo = tahun lalu saya bepergian ke Labuan Bajo
  • Last month, I didn't travel to Flores = Bulan lalu saya tidak bepergian ke Flores
Perhatikan kata 'travel' pada contoh di atas, satunya berakhiran -ed dan satunya tanpa -ed. 
Bentuk lampau dari kata 'travel' tanpa -ed sudah di lampaukan  lewat 'did' yang merupakan bentuk lampau dari 'do'. sehingga tak perlu di lampaukan lagi.
😫😣😣bingung lagi? tetap semangat kawan, 😁😁😁 please don't give up kawan

Contoh2 di atas telah menunjukan bentuk lampau dari kata2 jenis 'regular verb'(kata kerja beraturan)  dengan menggunakan akhiran -ed  
Berikut adalah membuat bentuk lampau dari jenis 'irregular verb' (kata kerja tak beraturan).
Mengapa di sebut 'tak beraturan'? karena perubahan_nya tak pakai aturan atau tak pakai rumus.
Contoh:
  • I saw turtle on the beach yesterday = Saya melihat kura2 di pantai kemarin
  • I didn't see a turtle on the beach yesterday = Saya tak melihat seekor kura2 di pantai kemarin
→Lihat kata 'saw' tak ada -ed di belakangnya, padahal kata 'saw' adalah bentuk lampau dari kata 'see'.
Maaf saya merambat ke topik lain, hanya untuk mempperkaya bahan percontohan saja. Kita akan membeicarakan, 'regular verbs' dan 'irregular verbs' pada post lain-nya. Untuk sementara lupakan dulu  'regular verbs' dan irregular verbs' dan kembali fokus ke jenis 'Past Tense'

1B. 👉 Penggunaan 'Simple Past Tense' yang lainnya menurut orang Inggris ... to list a series of completed actions in the past = daftar deretan/ rangkaian kegiatan yang sudah diselesaikan di waktu lampau, contoh:

I finished dinner, walked to the park, and found a kitten.
= Saya selesai makan malam, berjalan ke taman, dan menemukan seekor anak kucing.

He arrived from Timor at 6:00, checked into the hotel at 10:00, and met his girl friend at 11:00. 
= Ia tiba dari Timor pada jam 6.00, cek-in kedalam hotel pada jam 10.00, dan bertemu dengan céwéknya pada jam 11.00. 

Perhatikan kalimat bahasa Indonesia pada contoh di atas, di bahasa Indonesia tak secara gamblang menyebutkan waktu, tapi hanya samar2 mengisyaratkan bahwa kalimat tersebut menunjukan masa lampau, untung saja di contoh pertama menemukan anak kucing sehingga otomatis kalimatnya serasa telah terjadi di waktu lampau?,  tapi coba baca kalimat di contoh kedua, ia yang datang dari Timor, bisa saja sudah tiba atau mungkin kedatangan-nya esok? atau tahun depan? kita tak tahu secara pasti. 
Namun di dalam bahasa Inggris hal itu tak mungkin terjadi karena jejak dan tanda2 masa lampau pada kalimat di atas bersérakan di mana-mana: finished, walked, found, arrived, checked, met, semuanya menunjukan bentuk lampau. 
NOTE: 'met' adalah bentuk lampau dari 'meet' begitu juga found bentuk lampau dari find, tak ada -ed di belakangnya karena mereka adalah dari grup 'irregular verb' (kata kerja yang perubahan-nya tak pakai aturan atau tak ada rumus)

1C.👉 The 'simple past tense' can be used with a duration which starts and stops in the past. = "Simple Past Tense' dapat di gunakan dengan suatu durasi atau rentang waktu yang di mulai dan berakhir di masa lalu

I lived in Flores for two years. 
= Saya (telah) tinggal di Flores selama 2 tahun

Basuki studied Japanese for three years. 
= Basuki (telah) belajar bahasa Jepang selama 3 tahun

They sat at the park all day. 
= Mereka (telah) duduk di taman sepanjang hari

How long did you talk in the phone 
= Berapa lama kamu (telah) berbicara di telepon

I talked on the phone for half an hour. 
= Saya telah di telepon selama setengah jam

1D.👉 The 'Simple Past Tense' can also be used to describe a habit which stopped in the past. It can have the same meaning as "used to" =  Simple Past Tense juga dapat di gunakan untuk menjelaskan kebiasaan yang telah berhenti di masa lalu.  Kadang memiliki kesamaan arti dengan kata " biasanya"

Contoh:

I studied Indonesian when I was a child 
= saya (biasanya) belajar bahasa Indonesia ketika saya masih anak2

She played the guitar 
= Ia (biasanya) bermain gitar

He didn't play the flute.
= ia tidak (biasanya) bermain suling

We never went to school, we always skipped class. 
= Kami tak pernah ke sekolah, kami (biasanya) selalu lari dari kelas (bolos?)

Mungkin masih ada lagi hal2 lain-nya yang menggunakan 'Simple Past tense' tapi yang saya tulis di atas sudah lebih dari cukup untuk bisa memahami posisi 'Simple Past tense' dalam percakapan sehari-hari

----------------



2. PAST CONTINUOUS TENSE (PCT):

Berikut adalah beberapa situasi kapan menggunakan 'PCT':
2A.👉  Menurut orang Inggris 'PCT' adalah:
...is a verb tense which is used to show that an ongoing past action was happening at a specific moment of interruption, or that two ongoing actions were happening at the same time = ...adalah sebuah kata kerja yang biasanya di gunakan untuk menunjukan bahwa terjadi interupsi pada momen yang spesifik saat pristiwa/tindakan sedang berlangsung di masa lalu, atau dua pristiwa telah terjadi secara bersamaan.
 😣😣😫😫😣😣 pusing lagi? hang on kawan....  kalau kita baca ulang, sesungguhnya yang di maksudkan kalimat di atas adalah mirip pristiwa beruntun yang terjadi di masa lampau. Pristiwa kedua biasanya hanya berbentuk interupsi saja

Rumus dari kalimat "PCT" adalah "was/were + present participle"
Apa pula "present participle"? adalah kalimat yang kata kerjanya ada -ing di dalamnya atau dengan kata lain, kalimat yang menceritakan hal yang sedang terjadi sekarang(di masa lalu). itulah arti kata 'present participle'. 
Lihatlah contoh berikut semua kalimatnya memiliki kata dengan bentuk -ing, padahal kata2 berbentuk -ing adalah untuk hal yang sedang terjadi sekarang tapi kita berbicara hal yang sedang terjadi di masa lalu...mmmhhh 😴😴 aku pusing juga menjelaskan-nya 😀
Kita lihat contohnya saja ok: Bandingkan contoh berikut dengan rumus di atas:

I was studying Indonesian when you called yesterday. 
= Saya sedang belajar bahasa Indonesia ketika kamu panggil kemarin.

Pernyataan: You were walking when he called
= Kamu sedang berjalan ketika dia telepon

Pertanyaan: Were you walking when he called
= Apakah kamu sedang berjalan ketika ia telepon?

Bentuk negativ: You were not walking when he called 
= Kamu tidak sedang berjalan ketika dia telepon

2B.👉 'PCT' juga bisa di gunakan untuk menunjukan kapan persisnya pristiwa terjadi di masa lampau 

Contoh:

Yesterday at 2 PM, I was eating lunch. 
=  Kemarin, pada jam 2 sore saya makan, makan siang

At midnight, we were still driving through the snow. 
=  Pada tengah malam kami masih nyetir melewati salju.

Last month at this time, I was sitting at my desk in my office 
= Bulan lalu, di waktu yang sama seperti saat ini, saya duduk di kursi di kantor saya.
.
NOTE:
Di 'Simple Past Tense'  waktu di mulai dan selesainya suatu pristiwa di masa lalu tersirat dalam sebuah kalimat, walau tak secara eksplisit kapan dimulai dan kapan selesai? tapi rangkaian katanya membuat kita paham bahwa pristiwanya telah di mulai dan telah selesai di saat tertentu di masa lampau.

2C.👉 ...the PCT is interrupted by a shorter action in the simple past. However, you can also use a specific time as an interruption. 
= PCT di interupsi/dipengaruhi oleh tindakan/pristiwa singkat di masa lampau. Namun anda bisa juga menggunakan sebuah waktu tertentu sebagai suatu interupsi.

Misalnya, contoh di bawah ini hanya berkepentingan dengan waktu tertentu, yaitu jam 8.
😣😣😫😫😣mmmhhh...pusing? maaf kawan bukan untuk membuat pusing tapi hanya ingin memperdalam dan memperkaya pemahaman saja.😁 everything will be alright.... kata Bob Marley.

Contoh:

Yesterday at 8 AM, I ate breakfast 
= Kemarin pada jam 8 pagi saya (makan) makan pagi

I started eating at 8 AM. 
= Saya memulai makan pada jam 8 pagi

This morning at 8 AM, I was eating breakfast 
= Tadi pagi  pada jam 8 saya (makan) makan pagi

Perhatikan bentuk lampau pada contoh di atas yang saya tebalkan tulisan-nya, ketiganya adalah bentuk lampau dari kata makan ='eat', di contoh pertama di lampaukan dengan irregullar verb(kata kerja tak beraturan) eat menjadi ate
Contoh kedua di lampaukan dengan akhiran -ed pada kata sebelumya, memulai makan= start eating menjadi started eating. Contoh ketiga di lampaukan dengan bentuk to be dari I am menjadi I was eating.

2D. 👉 ... use the past continuous tense with two actions in the same sentence, it expresses the idea that both actions were happening at the same time.  =
Menggunakan 'Past Continuous Tense' dengan dua (tindakan)pristiwa dalam satu kalimat. 'past continuous', mengekspresikan ide bahwa kedua pristiwa telah terjadi secara bersamaan di masa lampau. 

Ingat rumusnya? was/were  +  present participle. 😣😣😣mmmhhh.. lah kog 'present participle ? present = sekarang padahal kita sedang berbicara di masa lampau....betul, itulah sebabnya kita tambah was/were pada present participle  karena was/were adalah bentuk lampau dari is/are/am. 😛

Contoh:

I was reading while she was making dinner. 
= Saya (telah)sedang membaca ketika ia sedang memasak makan malam

Were you studying while he was cooking
= Apakah kamu sedang belajar saat ia (telah)sedang memasak?

She wasn't paying attention while She was writing the letter, so she made several mistakes. 
= Dia (telah)tidak pusatkan perhatian saat ia (telah)sedang menulis sebuah surat, itulah sebabnya  ia telah membuat beberapa kesalahan.

What were you doing while you were waiting
= apa yang (telah) sedang kamu lakukan saat kamu (telah)sedang menunggu?

Yohanes wasn't working, and I wasn't working either. 
= Yohanes tak (telah)sedang bekerja dan saya juga (sedang) tak bekerja

They were eating lunch, talking a little loud, and having a good time. 
= mereka (telah)sedang (makan) makan siang , berbicara agak keras, dan mereka bersuka ria.

Dalam contoh di atas saya sengaja memasang kata 'telah' pada terjemahan untuk menggaris bawahi bahwa 'Past Continuous Tense' adalah membicarakan hal yang sedang terjadi di masa lalu. Hal ini hanya untuk memperkaya pemahaman tentang 'tenses' bahwa bentuk -ing bukan saja di pakai untuk kalimat yang sedang terjadi sekarang tapi juga bisa di pakai dalam kalimat bentuk lampau.

Di contoh di atas saya memaksa diri untuk memasang (telah) sedang hanya untuk membawa cita rasa dan pemahaman 'past continuous tense' kedalam bahasa Indonesia.


2E.👉 Dalam menggunakan 'Past Continuous Tense' orang Inggris juga menyatakan:
....We often use a series of parallel actions to describe the atmosphere at a particular time in the past. 
= ....Kita sering menggunakan rangkaian pristiwa/tindakan yang terjadi bersamaan untuk menggambarkan apa yang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau.

Contoh:
  • When I walked into the office, several people were busily typing, some were talking on the phones, the boss was yelling directions, and customers were waiting to be helped. One customer was yelling at a secretary and waving his hands. Others were complaining to each other about the bad service.
  • = Ketika saya melangkah masuk kedalam kantor, beberapa orang sibuk mengetik, ada beberapa yang sedang berbicara di telepon, bos berteriak memberikan arahan, pelanggan sedang menunggu untuk di layani, satu pelanggan berteriak ke seorang sekertaris dan melambaikan tangan-nya. Yang lain-nya menyalahkan satu sama lain tentang pelayanan yang jelek.


----------------



3. PAST PERFECT TENSE:
...is used to show that an action took place once or many times before another point in the past. 
= ...adalah di gunakan untuk menunjukan bahwa sebuah tindakan(pristiwa) telah terjadi sekali atau banyak kali sebelum suatu rentang waktu di waktu yang lalu.

 Past Perfect Tense di bentuk menggunakan rumus 'had + past participle'. 
Dan kalimat tanya di tandai dengan menempatkan 'had' di depan subyek. 
Kalimat negativ di buat dengan menggunakan 'not'. 
Apa pula tuh 'past participle'? kata2 . kata yang berpasitipasi di masa lalu atau kata yang telh di lampaukan baik yang telah di tambahkan  -ed di belakangnya mupun kata2 bentuk lampau dari jalur irregular verb
Perhatikan contoh berikut:

Pernyataan: 
You had studied Balinese before you moved to Bali. 
= Anda telah belajar bahasa Bali sebelum anda pindah ke Bali

Pertanyaan
Had you studied Balinese before you moved to Bali? 
= Apakah anda telah belajar bahasa Bali sebelum anda pindah ke Bali?

Bentuk negativ: 
You had not studied Balinese before you moved to Bali
= Anda tidak belajar bahasa Bali sebelum anda pindah ke Bali

Boleh saya katakan bahwa 'Past Perfect Tense' adalah sebelumnya sebelum di masa lampau
Kog bisa? Lihatlah contoh di atas, kata studied dan kata moved, keduanya sudah berbentuk lampau tapi karena yang terjadi adalah studied sebelum moved maka had di lampaukan juga dari have.
Kalau kejadian nya cuma satu maka kalimatnya 'You have studied Balinese'

Pemahaman tentang 'Past perfect Tense' sudah lebih dari cukup sampai disini, tapi di bawah ini beberapa contoh penggunaan-nya dalam situasi yang sedikit berbeda : 
Perlu di ingat sekali lagi bahwa Past Perfect Tense tak bisa hindar dari bentuk "had"

3A.👉 Use Past Perfect Tense for completed Action Before Something in the Past 
= Menggunakan 'Past Perfect Tense' untuk tindakan/pristiwa yang telah selesai terjadi sebelum sesuatu yang lain terjadi di masa lalu.
 It can also show that something happened before a specific time in the past. = Past Perfect Tense juga dapat menunjukan bahwa suatu hal terjadi sebelum waktu tertentu di masa lalu: 

Contoh:

I had never seen such a beautiful beach before I went to Rinca Island near Flores. 
= Saya tak pernah melihat satu pantai yang begitu indah sebelum saya pergi ke pulau Rinca dekat Flores

I did not have any money because I had lost my job. 
= Saya tak punya sepésér uang karean saya kehilangan pekerjaan

Marten knew Sumbawa so well because he had visited the Island several times. 
=  Marten kenal Sumbawa begitu baik karena ia telah mengunjungi pulau itu beberapa kali

Had Susi ever studied Javanese before she moved to Java? 
= Apakah Susi sama sekali pernah belajar bahasa Jawa sebelum ia pindah ke Jawa?

She only understood the movie because she had read the book. 
= Ia hanya memahami film itu karena ia telah membaca bukunya

Kristina had never been to a cinema before last night. 
= Kristina sama sekali tak pernah ke bioskop sebelum tadi malam.

Pertanyaan: 
Had you ever visited Kupang before your trip in 2020? 
= Apakah anda pernah mengunjungi Kupang sebelum kunjungan anda tahun 2020?

Jawaban: 
Yes, I had been to Kupang once before. 
= Iya, saya pernah ke Kupang sekali sebelumnya.

3B.👉  use the past perfect tense to show that something started in the past and continued up until another action in the past. = Menggunakan 'Past Perfect Tense' untuk menunjukan bahwa sesuatu telah di mulai di masa lampau dan terus berlanjut sampai tindakan atau pristiwa lain nya terjadi di masa lalu juga

→ Ingat, bahwa 'Past Perfect Tense' adalah masa lalunya masa lalu

Contoh:

We had had that car for ten years before it broke down. 
= Kami telah memiliki mobil itu selama 10 tahun sebelum mobilnya rusak.

By the time Anton finished his studies, he had been in London for over 3 years. 
= Pada saat Anton selesai studinya ia telah berada di London selama lebih dari 3 tahun.

Saya memberikan huruf tebal di 'had had' pada contoh di atas, karena hal itu yang membingungkan saya waktu pertama belajar bahasa Inggris, had partama adalah bentuk lampau dari have yang berarti telah, dan had kedua adalah bentuk lampau dari have yang berarti memiliki. ...unfortunately, sangat di sayangkan kata have memiliki dua arti yaitu, memiliki dan telah sehingga berjéjérlah 'had had'. mmmhh😣😣😣 semoga tak membingunkan 😊😁😁

Berikut adalah contoh mengapa di perlukan sekat2 atau pembagian waktu yang berbeda di masa lampau.
Kedua contoh berikut adalah benar menurut logika tapi satu nya salah menurut grammar bahasa Inggris.
  • ❌ She never saw a Komodo before she went to Komodo Island. ini salah menurut grammar
  • She had never seen a Komodo before she went to Komodo Island. ini benar menurut grammar
Kedua kalimat di atas di terjemahkan sama saja kedalam bahasa Indonesia: "Ia tak pernah melihat seékor komodo sebelum ia pergi ke pulau Komodo."
Dan orang Inggris akan paham apa yang kita maksudkan tapi terdengar rancu bagai bule yang baru belajar bahasa Indonesia

Contoh pertama di nyatakan salah selain kedengarannya rancu dan membuat si pembicara terdengar kurang akademik, dan juga karena kalimatnya, menunjukan waktu yang spesifik yaitu sebelum pergi ke pulau Komodo

She never saw hanya bisa di pakai untuk masa lampau secara umum alias hanya pada kalimat yang tak menunjukan waktu tertentu, Misalnya hanya "She never saw a komodo" saja tanpa tambahan rentang waktu lain-nya.

NOTE dalam percakapan sehari2 kedua kalimat tersebut di atas sama2 di pahami oleh lawan bicara, oleh karena itu tak usaha khawatir kalau tak paham, don't worry be happy, pemahaman akan datang dengan sendirinya  jikalau kita sering memabaca dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


----------------



4. PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE: 

Apa kata orang Inggris tentang 'Past Perfect Continuous Tense'?
4A. 👉...is a verb tense which is used to show that an action started in the past and continued up to another point in time in the past  =  Kata kerja yang di gunakan untuk menunjukan suatu tindakan (aksi) yang telah di mulai di waktu yang lampau dan berlanjut sampai pada satu titik waktu yang lain nya di waktu lampau

'Past Perfect Continuous Tense' di bentuk  dengan rumus had + been + present participle.
Contoh:

Pernyataan: 
You had been waiting there for more than 3 hours when she finally arrived.
= Kamu telah menunggu di sana selama 3 jam sebelum akhirnya ia tiba

Pertnyaan: 
Had you been waiting there for more than 3 hours when she finally arrived? 
= Apakah kamu telah menunggu di sana selama 3 jam sebelum akhirnya ia datang?

Bentuk negativ: You had not been waiting there for more than 3 hours when she finally arrived
= Kamu (telah) tidak menunggu di sana selama 3 jam sebelum ia akhirnya datang

Selain penggunaan seperti di atas 'Past Perfect Continuous Tense' juga bisa di gunakan untuk.... mari kita tengok apa kata orang Inggris 
4B. 👉....Using the past perfect continuous before another action in the past is a good way to show cause and effect = ...Menggunakan 'Past Perfect Continuous Tense' sebelum tindakan/pristiwa yang lainnya di masa lampau adalah suatu cara yang baik untuk menunujukan efek sebab akibat.
Contoh:

Paulus was tired because he had been running. 
= Paulus telah lelah sebab ia telah berlari

Paula gained weight because he had been overeating. 
= Paula telah tambah berat badan sebab ia makan terlelu banyak

Norma failed the final test because she had not been attending class. 
= Norma telah gagal ujian akhir karena ia tidak hadir di kelas (bolos?)

Begitulah kira2 gambaran umum dari 'Past Tense'
Kalau ada yang tak paham silahkan komentar dan saya akan coba sebisa mungkin untuk menjawabnya.


No comments:

Post a Comment