Apa itu Tenses?

Ini adalah versi HP,  kalau anda baca di komputer silahkan klik disini untuk versi layar lebar.

'Tenses' adalah Perubahan bentuk kata kerja menurut waktu penggunaannya


Dalam ilmu 'tenses' waktu di bagi dalam 3 bagian besar: waktu lalu(past tense), sekarang(present tense), akan datang(future tense) masing-masing waktu memiliki 4 (wilayah)  waktu yang berbeda.
Di bawah ini saya mau menunjukan contoh bagaimana mengucapkan kalimat: saya bekerja di waktu yang berbeda dalam bahasa Inggris dan setelah paham dengan kata 'saya bekerja' maka ribuan kata lainnya gampang di selipkan di dalam 'tenses' sesuai dengan waktunya.
 
Terjemahan bahasa Indonesia yang saya buat pada contoh 'tenses' pada table di bawah ini mungkin terdengar rancu, hal itu sengaja saya lakukan untuk mengakomodir tujuan utama saya, yaitu agar pembaca bisa fokuskan perhatian pada waktu terjadinya pristiwa. Tolong fokus pada waktu kapan pristiwa terjadi, kapan saya bekerja ok. dan lihat perubahan bentuk kalimatnya yang telah saya huruf tebalkan di kedua bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya..

NOTE untuk bagian 'future tense' saya membuat masing2 dua buah contoh untuk menunjukan bahwa pemakaian I will dan I am going to adalah sama saja, paling kurang miriplah

Berikut adalah 4 bagian di 'waktu yang lalu / Past tense'

1. Simple Past

Contoh:
Six months ago, I worked as a hotel manager in Labuan bajo.
=
Enam bulan yang lalu saya (telah) bekerja sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo

Simple past': mengambarkan waktu lalu secara umum, 6 bulan yang lalu? 100 tahun yang lalu? 1 detik yang lalu? tapi tak secara spesifik

2. Past Continuous

Contoh:
I was working as a hotel manager in Labuan Bajo when you were in Bali
=
Saya (telah) (sedang) bekerja sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo saat kamu (telah) (berada) di Bali.

''Past continuous' menggambarkan pristiwa dimasa lalu tanpa isyarat jenjang waktu kapan di waktu lalu.

3. Past Perfect

Contoh:
I had worked as a hotel manager in Labuan Bajo before I moved to Kupang
=
Saya (telah) (selesai)(pernah) bekerja sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo sebelum saya (telah) pindah ke Kupang

Past perfect': menggambarkan pristiwa telah berlalu di waktu yang lalu, ia tak lagi bekerja saat pindah ke Kupang.

4. Past Perfect Continuous

Contoh:
I had been working as a hotel manager in Labuan Bajo for 3 years before I moved to Australia
=
Saya (telah) (masih) bekerja sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo selama 3 tahun sebelum saya (telah) pindah ke Australia

Past perfect continuous': menggambarkan pristiwa yang berlangsung dari suatu titik waktu sampai ke titik waktu lainnya di masa lalu, masih bekerja sampai saat pindah ke Australia.

๐Ÿ“Kesimpulan Past tense: kalau terjemahkan  'saya bekerja' di waktu lalu pilihlah salah satu terjemahan berikut sesuai situasinya di waktu yang lalu :
  • I worked
  • I was working
  • I had worked
  • I had been working

Berikut adalah 4 bagian 'di waktu sekarang / Present tense'

1. Simple Present

Contoh:
I work every day
=
Saya kerja setiap hari

'Simple present': adalah bentuk kata kerja biasa (infinitive), dan belum berhubungan dengan waktu. ia bukan sekarang, bukan yang lalu, bukan akan datang, mirip kalimat berita dalam bahasa Indonesia, ia berada di wilayah present tense karena pada kalimat 'saya kerja setiap hari' bisa saja termasuk hari ini (sekarang), apalagi di kalimat itu tak ada indikasi secara eksplisit kapan?

2. Present Continuous

Contoh:
I am working now
=
Saya sedang bekerja sekarang

Contoh di atas dan semua di bagian present tense dan future tense adalah self explanatory-lah. mudah di pahami karena strukturnya sama dengan bahasa Indonesia. Di sebut present continuous atau 'sekarang dan masih berlanjut' karena tak ada indikasi berhenti di kalimat di atas. 'saya bekerja sekarang ' berarti masih tetap bekerja sampai ada kata selesai.

3. Present Perfect

Contoh:
I have worked as a hotel manager in several cities
=
Saya (telah) bekerja sebagai manager hotel di beberapa kota

NOTE. banyak orang yang agak bingung di bagian ini, karena secara kasat mata kalimatnya nampak bagai 'past tense'. memang betul ia (telah) bekerja tapi kapan? besar kemungkinan ia masih bekerja di salah satu kota sampai saat ini. Dan apalagi di kalimat itu tak secara eksplisit menjelaskan apakah ia sudah berhenti bekerja? Itulah sebabnya model ini berada di 'present tense' tepatnya di 'present perfect'

4. Present Perfect Continuous

Contoh:
I have been working as a hotel manager for ten years
=
Saya (telah)(masih) bekerja sebagai manager hotel selama (sejak) 10 tahun (yang lalu)

kog I have been berada di wilayah 'present tense'? tepatnya di 'present perfect continuous' seharusnya ada di 'past tense' bukan?. Hal itu karena saya memang telah bekerja sejak 10 tahun lalu tapi, tak ada indikasi saya berhenti bekerja pada kalimat di atas, berarti saya masih bekerja sampai sekarang

๐Ÿ“Kesimpulan 'present tense':
kalau terjemahkan  'saya bekerja'   di waktu sekarang pilih dari terjemahan berikut tergantung situasinya di waktu sekarang

  • I work
  • I am working
  • I have worked
  • I have been working

Berikut adalah 4 'waktu yang akan datang / Future tense'

Perhatian!!! menggunakan  I will  atau I am going to sama saja

1. Simple Future

Contoh:
I will help you work as a hotel manager
=
Saya akan membantu kamu bekerja sebagai seorang manager hotel)

------------------------------

I am going to help you work as a hotel manager next week
=
Saya akan membantu kamu bekerja sebagai seorang manager hotel minggu depan

2. Future Continuous

Contoh:
I will be working as a hotel manager when you arrive next year
=
Saya akan bekerja sebagai seorang manager hotel ketika kamu tiba tahun depan

------------------------------

I am going to be working as a hotel manager when you arrive next year
=
Saya akan bekerja sebagai seorang managerร‚ hotel ketika kamu tiba tahun depan

3. Future Perfect

Contoh:
I will have worked everyday for 30 days straight by the end of this month
=
Saya akan (telah) bekerja setiap hari selama 30 hari berturut2 sampai akhir bulan ini

------------------------------

I am going to have worked for days by the time I finish this project
=
Saya akan (telah) bekerja berhari-hari pada saat saya menyelesaikan proyek ini

4. Future Perfect Continuous

Contoh:
I will have been working as a hotel manager for over ten years by the time you arrive.
=
Saya sudah akan (telah) bekerja sebagai seorang manager hotel selama lebih dari 10 tahun sebelum kamu tiba

------------------------------

I am going to have been working as a hotel manager for over ten years by the time you arrive.
=
Saya sudah akan (telah) bekerja sebagai seorang manager hotel selama lebih dari 10 tahun sebelum kamu tiba

๐Ÿ“Kesimpulan 'future tense' : terjemahan ' saya bekerja' untuk masa yang akan datang tergantung situasinya adalah sbb:

  • I will work
  • I am going to work
  • I will be working
  • I am going to be working
  • I will have worked
  • I am going to have worked.
  • I will have been working.
  • I am going to have been working
Table di atas menitik beratkan pada (waktu) kapan dan bagaimana kalimat  saya bekerja berubah sesuai waktu.

Pemahaman tenses sangatlah penting.
Kosa kata bisa di dapatkan dari kamus kapan saja, tapi tenses butuh pemahaman.

Contoh di atas berlaku untuk kalimat 'saya bekerja' tapi jikalau di pahami dengan baik maka ribuan kata kerja lain nya tinggal di pasang pada tempatnya sesuai waktu pemakaiannya.

No comments:

Post a Comment