Apa itu Tenses?

Ini adalah versi komputer, kalau anda baca ini dari HP silahkan klik disini agar mudah di baca dari HP

'Tenses' adalah Perubahan bentuk kata kerja menurut waktu penggunaannya  

Dalam ilmu 'tenses' waktu di bagi dalam 3 bagian besar: waktu lalu(past tense), sekarang(present tense), akan datang(future tense) masing-masing dari 3 waktu tersebut memiliki 4 (wilayah) waktu yang berbeda. 
Di bawah ini saya mau menunjukan contoh bagaimana mengucapkan kalimat: saya bekerja di waktu yang berbeda dalam bahasa Inggris dan setelah paham dengan kalimat 'saya bekerja' tersebut maka ribuan kalimat lainnya gampang di selipkan di dalam 'tenses' sesuai dengan waktu penggunaan-nya.
  
Terjemahan bahasa Indonesia yang saya buat pada table tenses di bawah ini mungkin terdengar agak rancu, hal itu sengaja saya lakukan untuk mengakomodir tujuan utama saya, yaitu agar pembaca bisa fokuskan perhatian pada waktu terjadinya pristiwa atau kapan kalimat 'saya bekerja' di pakai. 
Tolong fokuskan perhatian anda pada waktu kapan pristiwa terjadi, kapan saya bekerja ok. dan lihat perubahan bentuk kalimatnya yang telah saya huruf tebalkan di kedua bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya.

NOTE untuk bagian 'future tense' saya membuat masing2 dua buah contoh untuk menunjukan bahwa pemakaian I will dan I am going to adalah sama saja, paling kurang miriplah

Past tense / Yang lalu Present tense / Sekarang Future tense / Akan datang
1. Simple Past 1. Simple Present 1. Simple Future
Contoh:

Six months ago,  I worked as a hotel manager in Labuan Bajo
=
Enam bulan yang lalu  saya (telah) (pernah)  bekerja  sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo

'Simple past': mengambarkan waktu lalu secara umum, apakah 6 bulan yang lalu? 100 tahun yang lalu? 1 detik yang lalu? tapi tak spesifik
Contoh:

I work every day
=
Saya kerja  setiap hari

'Simple present': adalah bentuk kata kerja biasa (infinitive), dan belum berhubungan dengan waktu. ia bukan sekarang, bukan yang lalu, bukan akan datang, mirip kalimat berita dalam bahasa Indonesia, ia berada di wilayah present tense karena pada kalimat 'saya kerja setiap hari' bisa saja termasuk hari ini (sekarang), apalagi di kalimat itu tak ada indikasi secara eksplisit kapan? 
Contoh:

I will help you work as a hotel manager
=
Saya akan membantu kamu bekerja  sebagai seorang manager hotel 

--------------

I am going to help you work  as a hotel manager next week
=
Saya akan membantu kamu bekerja  sebagai seorang manager hotel minggu depan
2. Past Continuous 2. Present Continuous 2. Future Continuous
Contoh:

I was working  as a hotel manager in Labuan Bajo when you were in Bali
=
Saya (telah) (sedang) bekerja sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo saat kamu (telah) (berada) di Bali.

'Past continuous' menggambarkan pristiwa dimasa lalu tanpa isyarat jenjang waktu kapan di waktu lalu.
Contoh:

I am working now
=
Saya sedang bekerja  sekarang


Contoh di atas dan semua di bagian  present tense  dan  future tense  adalah self explanatory-lah. mudah di pahami karena strukturnya sama dengan bahasa Indonesia.
Di sebut  present continuous  atau 'sekarang dan masih berlanjut' karena tak ada indikasi berhenti di kalimat di atas. 'saya bekerja sekarang ' berarti masih tetap bekerja sampai ada kata selesai.
Contoh:

I will be working  as a hotel manager when you arrive next year
=
Saya akan bekerja  sebagai seorang manager hotel ketika kamu tiba tahun depan

----------------------------

I am going to be working as a hotel manager when you arrive next year
=
Saya akan bekerja  sebagai seorang manager hotel ketika kamu tiba tahun depan
3. Past Perfect 3. Present Perfect 3. Future Perfect
Contoh:

I had worked  as a hotel manager in Labuan Bajo before I moved to Kupang
=
Saya (telah) (selesai) bekerja  sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo sebelum saya (telah) pindah ke Kupang

Past perfect': menggambarkan satu pristiwa telah berlalu di waktu yang lalu..
Contoh:

I have worked  as a hotel manager in several cities
=
Saya (telah) bekerja  sebagai manager hotel di beberapa kota

NOTE. banyak orang yang agak bingung di bagian ini, karena secara kasat mata kalimatnya nampak bagai 'past tense'. 
memang betul ia (telah) bekerja tapi kapan? besar kemungkinan ia masih bekerja di salah satu kota sampai saat ini. Dan apalagi di kalimat itu tak secara eksplisit menjelaskan apakah ia sudah berhenti bekerja? Itulah sebabnya model ini berada di 'present tense' tepatnya di 'present perfect'
Contoh:

I will have worked every day for 30 days straight by the end of this month
=
Saya akan (telah) bekerja  setiap hari selama 30 hari berturut2 sampai akhir bulan ini

---------------------------

I am going to have worked  for days by the time I finish this project
=
Saya akan (telah) bekerja berhari-hari pada saat saya menyelesaikan proyek ini
4. Past Perfect Continuous 4. Present Perfect Continuous 4. Future Perfect Continuous
Contoh:

I had been working  as a hotel manager in Labuan Bajo for 3 years before I moved to Australia
=
Saya (telah) dan (masih) bekerja sebagai seorang manager hotel di Labuan bajo selama 3 tahun sebelum saya (telah) pindah ke Australia

'Past perfect continuous': menggambarkan pristiwa yang berlangsung dari suatu titik waktu sampai ke titik waktu lainnya di masa lalu.
Contoh:

I have been working  as a hotel manager for ten years
=
Saya (telah) dan (masih) bekerja sampai sekarang  sebagai manager hotel selama (sejak) 10 tahun (yang lalu)

kog  I have been  berada di wilayah 'present tense'? tepatnya di 'present perfect continuous' seharusnya ada di 'past tense' bukan?.
Hal itu karena saya memang telah bekerja sejak 10 tahun lalu tapi, tak ada indikasi saya berhenti bekerja pada kalimat di atas, berarti saya masih bekerja sampai sekarang
Contoh:

I will have been working as a hotel manager for over ten years by the time you arrive.
=
Saya sudah akan (telah) bekerja  sebagai seorang manager hotel selama lebih dari 10 tahun sebelum kamu tiba
------------------------
I am going to have been working as a hotel manager for over ten years by the time you arrive.
=
Saya sudah akan (telah) bekerja sebagai seorang manager hotel selama lebih dari 10 tahun sebelum kamu tiba
Kesimpulan 'Past tense':
kalau terjemahkan  'saya bekerja'  di waktu lalu pilihlah salah satu terjemahan berikut sesuai situasinya di waktu yang lalu :
  • I worked
  • I was working
  • I had worked
  • I had been working

Baca tentang 'Past tense' selengkapnya...
Kesimpulan 'present tense':  kalau terjemahkan  'saya bekerja'   di waktu sekarang pilih dari terjemahan berikut sesuai situasinya di waktu sekarang:
  • I work
  • I am working
  • I have worked
  • I have been working

Baca tentang 'Present tense' selengkapnya...
Kesimpulan 'future tense: terjemahan ' saya bekerja' untuk masa yang akan datang sesuai situasinya adalah sbb:
  • I will work
  • I am going to work
  • I will be working
  • I am going to be working
  • I will have worked
  • I am going to have worked.
  • I will have been working.
  • I am going to have been working

Baca tentang 'Future tense' selengkapnya...

Contoh di atas berlaku untuk kata 'bekerja' tapi jikalau di pahami dengan baik maka ribuan kata kerja lain nya tinggal di pasang pada tempatnya sesuai waktu pemakaiannya.

No comments:

Post a Comment